Apa Itu Spamming ?
Spam adalah
penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi
tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer.
Tindakan spam dikenal dengan nama spamming
Bentuk
spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam),
spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.
Beberapa
contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan,
surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta
berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta
tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari
popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan
masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.
Spam
dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam
tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para
pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka
banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi
sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet
itu sendiri, ISP (Penyelenggara
Jasa Internet atau Internet
Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam
sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk
dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa
ditindak melalui undang-undang Internet.
Bentuk – Bentuk Spam
• Surat Elektronik
Spam surat elektronik, yang dikenal sebagai surat elektronik massal yang tidak diminta (unsocialicited
bulk email atau UBE), junk mail, atau surat elektronik komersial yang tidak diminta (unsocialited
commercial email atau UCE), adalah praktik pengiriman pesan dalam surat
elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam
jumlah besar kepada siapa pun. Spam di surat elektronik mulai menjadi masalah ketika internet dibuka untuk umum pada pertengahan
1990-an. Pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun hingga saat ini telah
menghasilkan spam 80% – 85% dari seluruh surat elektronik di dunia. Tekanan untuk membuat spam
surat
elektronik telah berhasil
di beberapa negara hukum. Spammers mengambil keuntungan dari fakta ini
dengan sering mengirimkan spam ke negara lain sehingga tidak akan
membuat mereka bermasalah secara hukum.
Dalam
perkembangannya, spam surat elektronik saat ini dikirim melalui "jaringan
zombie", jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik
rumah atau di kantor di seluruh dunia. Hal ini mempersulit upaya untuk
mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus di mana spam
tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan
dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers,
dan penipu keuangan belajar satu sama lain sehingga memungkinkan mereka
membentuk berbagai jenis kerja sama.
• Pesan instan
Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Meskipun memiliki banyak kekurangan dibandingkan surat elektronik, menurut laporan dari Ferris Research, 500 juta spam pesan instan yang dikirim pada tahun 2003, jumlahnya naik dua kali lipat dibanding tahun 2002. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.
• Usenet Newsgroup dan forum
Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya
adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam
sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara
berulang dengan subtansi pesan yang sama.
Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan
atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh
robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link
ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif seperti
penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga
untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.
• Telepon genggam
Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks di
ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya
masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari
setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan
di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan
pesan teks spam.
• Permainan Daring
Banyak permainan daring yang memungkinkan pemain untuk menghubungi
satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi,
atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam
bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk
semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web. Hal ini sangat umum ditemui adalah
perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk
menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata.
Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga
mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan. Spam dapat mengganggu
permainan sehingga spam tidak disarankan oleh pengembang permainan daring.
• Mesin pencari informasi web (web search engine spam)
Spam ini disebut juga spamdexing,
singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini
mengacu pada praktek di WWW dari modifikasi halaman HTML
untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi. Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman
web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang
sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam
untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.
• Blog, wiki, dan buku tamu
Spam blog
atau “blam” secara singkat adalah spam pada weblog. Pada tahun 2003,
jenis spam ini mengambil keuntungan dari komentar terbuka dalam blog
perangkat
lunak Movable Type
dengan berulang kali menempatkan komentar untuk berbagai posting blog.
Serangan serupa sering dilakukan terhadap wiki dan buku tamu, keduanya menerima
kontribusi pengguna.
• Bentuk non-komersial
Surat elektronik dan bentuk lain dari spam telah
juga digunakan untuk tujuan selain iklan. Penggunaan awal spam berkaitan dengan agama dan
politik. Serdar Argic, misalnya, menggunakan spam usenet untuk
revisionis sejarah. Beberapa penginjil telah menggunakan spam usenet
dan surat
elektronik untuk
menyebarkan khotbah. Dengan berkembangnya spam, semakin banyak penjahat
yang menggunakan spam untuk berbagai macam penipuan. Dalam beberapa kasus
spammers menggunakannya untuk menarik orang menuju suatu tempat,
melakukan penculikan dan meminta tebusan, bahkan korban dibunuh jika tidak
segera memberi tebusan.
0 comments: