Vendry Franandha

Laki-Laki, 22 November 1993

Pekanbaru, Indonesia

Never Give Up, Be Yourself.
::
Start
My Windows
Shutdown

Search This Blog

Saturday, May 25, 2013

PENGERTIAN PHISING




Phising adalah cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik tidak curiga. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan yang aslinya. 


Cara menghindari PHISING. 


Kejahatan didunia MAYA tidak kalah merugikannya dibandingkan dengan kejahatan didunia NYATA.
Kejahatan didunia maya umumnya dilakukan oleh para HACKER yang melakukan pencurian informasi pribadi seperti Username,password atau PIN, Nomor Rekening Bank dan Kartu Kredit anda, jaminan sosial, nama ibu dan tanggal kelahiran anda dan informasi penting lainnya yang akan dipergunakan untuk  melakukan berbagai jenis kejahatan dan penipuan keuangan.
Kegiatan pencurian informasi ini dilakukan dengan cara seolah-olah berasal dari sumber yang sah seperti Bank, jaringan sosial atau dari Web asli seperti Google yang meminta anda untuk mengisi data-data penting pribadi anda yang dikenal dengan nama PHISING.
Penyerang (PHISER) mencoba untuk mengelabui anda agar memberi informasi kepada mereka via email yang meminta calon korban untuk mengambil tindakan secepatnya guna mencegah keterlambatan seperti contoh berikut :



- Bank kami memiliki sistem keamanan baru, perbaharui informasi anda sekarang atau anda tidak dapat mengakses akun anda.
- Kami tidak bisa memverifikasi informasi anda, klik disini untuk memperbaharui account anda.

Umumya korban tidak menyadari telah  memberikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membajak rekening anda  atau mencuri uang anda atau mungkin melakukan pembelian kredit atas nama anda.
Konsep dibalik serangan ini sederhana dimana PHISER menyamar sebagai orang lain dalam upaya mendapatkan informasi sensitif pribadi calon korban termasuk menyamar sebagai instansi perbankan, penyedia applikasi, pedagang online, layanan pembayaran online dan bahkan Pemerintah dengan membuat email palsu yang bisa terlihat sangat meyakinkan.

Langkah untuk menghindari serangan PHISING atau SITUS PHISING :

1.jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data pribadi penting anda melalui email. Situs atau bisnis yang sah umumnya tidak akan meminta informasi melalui email.

Contoh Phising Faceboo
2.Jika anda menerima permintaan informasi sensitif, buka jendela browser baru dan pergi kesitus organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser. Jika ada sesuatu yang diperlukan dari anda, biasanya ada pemberitahuan disitus organisasi ini atau jika anda tidak yakin dengan permintaan ini sebaiknya menghubungi situs organisasi tersebut untuk bertanya.

3.jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai. Periksa URL untuk memastikan halaman sebenarnya adalah  bagian dari situs organisasi dan bukan halaman penipuan pada domain yang berbeda seperti mybankk.com atau g00gle.com 

4. berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis yang tampaknya terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin PHISER.

5. gunakan browser yang memiliki filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang aman dimulai dengan "https://" dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.
Untuk mengatasi phising dan malware sebenarnya sangat mudah dan murah, kamu dapat melakukannya dengan menginstal beberapa aplikasi gratis yang disediakan vendor-vendor keamanan. Berikut beberapa aplikasi untuk mencegah terjadinya aktivitas phising dan malware:

1. Internet Explorer
2. Free Avira
3. Spybot Search & Destroy
4. McAfee SiteAdvisor

5 .Lavasoft Adaware  
mencegah terjadinya aksi phising, jangan buka email yang menyertakan Link mencurigakan dan sebaiknya langsung hapus saja email tersebut. Pastikan tandai spam email tersebut untuk menghindari masuknya emaik ke dalam inbox lagi. Selamat beraktivitas internet secara sehat!

6 comments:

REDAKSI said...

Helo...infonya bagus nih share ya di www.koranmetro.com

Unknown said...

nice info.
www.hadiexact.mywapblog.com

Unknown said...

Ok

Unknown said...

Ok

Kikyyy said...

Saya kmaren buka internet dan ada seperti suruh mengisi data seperti itu saya isi nama ibu saya dan tgl lhirny serta email dan no telpn sya tpi saya tidak ada diminta password apapun apakah itu termasuk pishing

Kikyyy said...

Saya kmaren buka internet dan ada seperti suruh mengisi data seperti itu saya isi nama ibu saya dan tgl lhirny serta email dan no telpn sya tpi saya tidak ada diminta password apapun apakah itu termasuk pishing